Kamis, 26 April 2012

Menuju jenjang karir ahli jaringan bisa sambil bermain



Siapa bilang agar bisa jadi ahli jaringan harus dengan cara belajar yang bisa bikin dahi mengkerut. Sambil bermain pun ternyata bisa.
Nampaknya pesan itu yang ingin disampaikan Cisco Systems kala menambah fitur dalam situsnya tentang program persiapan dalam mengambil ujian sertifikasi profesi jaringan CCNA (Cisco Certified Network Associate). Cisco sendiri merupakan perusahaan perangkat jaringan yang juga mengeluarkan sertifikasi profesi. Cisco nampaknya menyadari kesulitan para pemula untuk mendapatkan sertifikasinya, yakni kurangnya penguasaan atas ilmu dasar nan wajib seperti sistem biner.

 
Sistem biner sendiri merupakan pengetahuan dasar wajib bagi profesional bersertifikasi Cisco CCNA untuk melakukan instalasi, konfigurasi, dan mengoperasikan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) serta menjalankan layanan jaringan skala kecil.

Sistem bilangan biner juga jadi pengetahuan dasar yang penting bagi programmer komputer. Dimana biner merupakan satuan penghitung setiap bit atau satuan terkecil yang tersimpan dalam memori komputer yang hanya terdiri dari dua bilangan, 0 atau 1. Kedua bilangan ini mendeskripsikan keadaan aktif atau non-aktif dari switch elektronik yang menjadi bagian dari otak komputer.

Sistem biner digunakan dalam hampir semua perangkat elektronik termasuk komputer dan peralatan jaringan seperti router dan switch. Semua pengalamatan dalam setiap perangkat di Internet harus dikonversikan ke dalam angka biner.

Nah, dalam Binary Game diajarkan berbagai strategi yang berhubungan dengan sistem biner. Ilmu biner yang mungkin terasa sulit bagi sebagian orang pun coba dipermudah. Dalam situs CCNA Prep Center-nya Cisco, kini tersedia video pembelajaran dan permainan Binary game.

Binary Game merupakan suatu game edukasi yang dirancang untuk mengajarkan keahlian biner guna memberikan pengalaman belajar dengan format yang menyenangkan dan menghibur.

Sambil memainkan Binary Game, barisan angka 1 dan 0 akan muncul dari bagian bawah layar. Pemain harus mengklik angka-angka 0 dan 1 tersebut guna membuat angka biner, dan akan mendapat poin jika ia mampu menjawab dengan benar. Tantangan dimulai ketika barisan-barisan muncul secara lebih cepat. Saat pemain mencetak skor yang lebih tinggi dan memasuki level lanjut, mereka akan mulai mengenali polanya dan mengembangkan strategi-strategi dalam mengkonversikan bilangan biner.

Menurut Irfan Setiaputra, managing director Cisco Systems Indonesia, program persiapan pengambilan sertifikat itu menawarkan materi pembelajaran produktif yang membantu siswanya mempertajam keahlian dan menyelesaikan sertifikasinya. "Kami sangat gembira untuk dapat terus menyediakan materi pembelajaran produktif dengan cara-cara inovatif agar bermanfaat bagi kandidat sertifikasi CCNA," ujarnya.

"Dengan fasilitas ini kami mengharapkan para siswa Cisco Networking Academy Program dapat meningkatkan keahliannya sehingga nantinya siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Bagi kami, sangatlah mengembirakan dapat mendengar para pemegang sertifikasi CCNA dapat memberikan sumbangsih bagi perekonomian negara di area professional," tambah Irfan.

Selain Binary Game, CCNA Prep Center juga telah melakukan beberapa peningkatan dengan menyediakan beberapa video CCNA yang meliputi topik-topik inti paling menantang yang harus dikuasai oleh kandidat CCNA seperti access control lists (ACLs), Trunking and Frame Tagging Protocols, IP addressing and virtual LANs (VLANs).

Sertifikasi profesi Cisco sendiri telah diakui secara luas menghadirkan tingkatan keahlian yang dapat terukur bagi profesional di bidang jaringan, manajer di atasnya dan organisasi yang mempekerjakan mereka.

Adapun Cisco tiga level sertifikasi umum yang ditawarkan perusahaan itu yakni Cisco Certified Network Associate (CCNA), Cisco Certified Network Professional (CCNP) dan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) untuk berbagai cabang keahlian dalam Routing and Switching, Network Security dan Service Provider.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar